Selasa, 06 Mei 2008

5 KARAKTER GURU TERBAIK menurut saya:

1) Berwawassan Luas: Guru menguasai dan kompeten dalam bidang studi yang diajarkan, seorang guru jaga mampu mengikuti perkembangan zaman sehingga memahami betul hal-hal yang sedang “in” di kalangan aanak didik.

2) Berpenampilan Menarik: Seorang guru wajib/harus memperhatikan penampilannya untuk mendukung kondisi belajar mengajar yang segar.

3) Supel: mampu beradaptasi dengan muridnya dan membaur dangan perasaan/psikologis mereka, sehingga guru tidak hanya diposisikan sebagai seorang guru, tetapi juga orang tua yang bertanggung jawab, kakak yang melindungi, juga sebagai teman tempat berbagi.

4) Kreatif : mampu mengembangkan potensi dirinya, sehingga dapat mengondisikan suasana belajar yang asik, aktif dan hidup, hal ini dimaksudan agar tidak jenuh dan membuat kantuk, karena guru yang memiliki kreatifitas seni lebih biasanya disenangi oleh muridnya.

5) Memotivasi: Selalu memberikan semangat dan dukungan moril yang positif agar tujuan pendidikan dapat terwujud.

5 KARAKTER GURU TERBURUK menurut saya:

1) Tempramental : Guru yang mudah marah/tersinggung, cenderung galak juga kurang pandai mengendalikan emosi.

2) Diktator : Guru yang mengedepankan egonya memaksakan kehendak, banyak menuntut dan mengatur tanpa melihat kemampuan dan kesanggupan siswa.

3) Kolot : Tidak memahami situasi perkembangan siswa, melihat sesuatunya secara subjektif dan tidak objektif.

4) Monoton : Terlalu tepaku pada materi dn sistem pengajaran yang baku dan tidak pandai berimpropisasi.

5) Acuh tak acuh : Bersikap cuek/tidak peduli/masa bodoh terhadap usaha / proses balajar siswa. sehingga hal ini mengakibatkan kekecewaan dan krisis percaya diri yang menurun pada peserta didik.

Sri Nurul Hidayati( P. B. Ind. 2 a )

NB: Jadilah guru yang disegani karena dihormati, dan jangan pernah jadi guru yang di segani karena ditakuti….

Jadi guru yang baik n asik yaaa teman2…^_^

Tidak ada komentar: