Selasa, 06 Mei 2008

PENYAKIT HATI DAN OBATNYA

Setiap penyakit sudah tentu ada obat penyembuhnya kecuali bagi orang2 yang tidak ingin sembuh atau ingin selamanya penyakit itu bersarang dalam dirinya.Penyakit hati juga bisa disembuhkan dengan jalan mendekatkan diri kepada Allah dan senantiasa menjauhi larangan Allah.
Ada juga penyakit hati yang tidak ada obatnya yaitu,bagi orang2 yang mendustakan agama Allah,ini obatnya kalau orang2 tesebut sadar dengan apa yang dilakukannya dan mau menerima agama yang benar dari Allah,seperti dalam Al quran surat Al Baqarah ayat 10 yang artinya.” Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.,Yang mana maksud dari ayat ini adalah,ada rasa dengki dan iri tehadap sesuatu apakah itu terhadap orang lain atau terhadap Agama Allah.
Dan yang menderita penyakit ini biasanya disebut munafik ,dimana dia mengaku islam padahal dia kufur.

Sebagai umat islam, kita tentu sudah tau bagaimana yang dikatakan orang munafik dan tidak perlu terlalu di jabarkan dalam tulisan ini,yang jelas penyakit ini adalah satu penyakit kronis,yang obatnya hanya dengan jalan bertaubat.
Dalam hal ini yang ingin di bahas adalah bagian dari peyakit yang sudah di tentukan Allah swt.
>>Penyakit Syubhat,inilah satu penyakit dimana penderitanya senantiasa merasa ragu akan kekuasaan Allah hingga si penderita menerima kekukfuran dan kemunafikan,sebaiknyalah kita berlindung kepada Allah terhindar dari penyakit ini. Penyakit syubhat, ini lebih parah daripada penyakit syahwat. Karena penyakit syahwat masih bisa diharapkan sembuh, bila syahwatnya sudah terlampiaskan. Sedangkan penyakit syubhat, tidak akan dapat sembuh, kalau Allah tidak menanggulanginya dengan limpahan rahmat-Nya. Dan adapun orang yang didalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, di samping kekafirannya (yang telah ada)." (At-Taubah : 125)
>>Penyakit Syahwat,mengenai penyakit ini Allah berfirman dalam surat Al hzab ayat 32 yang artinya “Hai isteri-isteri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya dan ucapkanlah perkataan yang baik. Yang dimaksud dengan "tunduk" di sini ialah berbicara dengan sikap yang menimbulkan keberanian kepada orang bertindak yang tidak baik terhadap mereka, sementara yang dimaksud dengan "dalam hati mereka ada penyakit" ialah: orang yang mempunyai niat berbuat serong dengan wanita, seperti melakukan zina.Untuk semua inilah Allah wasiatkan kepada kaum wanita untuk tidak tunduk atau lemah dalam berbicara,sebab kelemahan ini akan bisa di manfaatkan oleh orang2 yang dirinya sudah terkena virus penyakit syahwat ini,maka sebaiknyalah kita lebih banyak berzikir dan berlindung kepada Allah semoga terhindar dari segala bentuk penyakit hati dan jenisnya.
Sebenarnya apa yang menyebabkan timbulnya penyakit hati dalam diri seorang umat manusia antara lain :
1. Syirik,dalam artian mempersekutukan Allah dengan yang lain atau lebih mempercayai sesuatu di banding Allah yang Maha dari segala yang Maha,atau meminta pertolongan kepada selain Allah misalnya ke pada pohon2 besar atau benda2 lain yang di anggap keramat.Padahal sebagai umat islam sadar bahwa memohon itu hanya kepada Allah dan minta perlindungan dari hati yang penuh ragu,karena keraguan dapat membuat hati kita tercabik2 dan mengakibatkanseorang manusia tidak mempunya hati dan hisupe seperti binatang ternak.,“atau apakah kamu mengira bahwa kebanyakan mereka itu mendengar atau memahami. Mereka itu tidak lain, hanyalah seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat jalannya (dari binatang ternak itu).(al furqaan 44).Kalau sudah demikian halnya maka manusia tersebut hidup sama denrajatnya dengan binatang ternak,dan bisa saja binatang lebih terhormat dari manusia itu sendiri.Sebab binatang tidak hidup dengan akal dan iman serta akidah,subhanallah semoga kita terlindung dari hal2 demikian.
2.Perbuatan maksiat,perbuatan maksiat ini bisa berkarat dalam hati dan akan menjadi penyakit yang akut,hingga dapat membuat sipenderita tidak dapat melihat,tidak bisa mendengar,dan tidak bisa merasakan kebenaran dan kesalahan,dan tidak sanggup lagi menggunakan pikirannya secara wajar,dan penderita itu ibarat segumpal daging yang didalamnya terkandung urat nadi dan darah,Allah Ta’ala berfirman “(Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuki mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merobah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit diantara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik(Al_Maidah 13).
Apabila hati telah terkena virus maksiat,maka ia akan hancur berkeping2 sehingga dia tidak lagi menyukai kebaikkan,peringatan dan dakwah, ilmu dan sebagainya,dan penderita akut yang seperti ini tak ubahnya bagai seekor sapi yang hobbynya hanya mencari kesenangan semata.Dan Allah jelas2 memperingatkan hambanya yang terkena penyakit ini dalam surat Al A’raaf 175-176 yang artinya “
Dan bacakanlah kepada mereka berita orang yang telah Kami berikan kepadanya ayat-ayat Kami (pengetahuan tentang isi Al Kitab), kemudian dia melepaskan diri dari pada ayat-ayat itu, lalu dia diikuti oleh syaitan (sampai dia tergoda), maka jadilah dia termasuk orang-orang yang sesat.(175) Dan kalau Kami menghendaki, sesungguhnya Kami tinggikan (derajat)nya dengan ayat-ayat itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, maka perumpamaannya seperti anjing jika kamu menghalaunya diulurkannya lidahnya dan jika kamu membiarkannya dia mengulurkan lidahnya (juga). Demikian itulah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami. Maka ceritakanlah (kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berfikir.(176)
3.Lalai,penyakit ini hampir dapat dikatakan menimpa siapa saja hamba2 Allah,tidak pilih kasih apakah dia hidup dikota metropolitan maupun di desa yang terpencil,ulama,da’i dan para orang2 gede senantiasa sering terkena penyakit hati yang satu ini.Mungkin kita pernah bertemu ataupun berhadapaan langsung dengan orang yang selalu mendengar perintah dan mendengar khutbah atau nasihat,tapi itu belum tentu dapat merubah semua tingkah lakunya sehari2,ini terjadi karena kelalaiannya,dan lalai dari mengingat Allah.Dalam Al-quran di jelaskan tentang masalah ini dalam surat Al Anbiya : 97 -98
“Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (Mereka berkata): "Aduhai, celakalah kami, sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang zalim"(97). Sesungguhnya kamu dan apa yang kamu sembah selain Allah, adalah umpan Jahannam, kamu pasti masuk ke dalamnya.(98)
Dari ayat itu sudah dapat di gambarkan bagaimana seorang yang lalai,dan menurut Abu Hurairah ra. “orang yang lalai ialah orang yang masuk kedalam mesjid tetapi jenggotnya di gayuti oleh syeitan.dan dipaksa untuk memandangi langit-langit atap mesjid,tapi bukan untuk mengingat Allah”.
Bagaikan seorang aktivis yang hidupnya hanya di isi bernyanyi2 dan bernari2 memainkan berbagai alat musik atau membaca majalah2 cabul,maka kalau sedang sholat hatinya akan merasa gelisah dan letih.
Dan masya Allah, sungguh malang orang-orang yang lalai memelihara dan menjaga hatinya, sehingga menjadi qalbun maridh (hati yang sakit). Ibarat cermin, ia adalah cermin yang tidak terawat, sehingga penuh noktah-noktah (titik-titik) hitam. Mulanya mungkin hanya satu noktah, namun dari hari ke hari noktah itu terus bertambah dan bertambah. Akibatnya, setiap benda sebagus apa pun yang disimpan di mukanya akan tampak lain pantulan bayangannya. Setidak-tidaknya bayangan benda itu tampak buram dan lebih buruk daripada aslinya. Apalagi yang bercermin di depannya, siapa pun dia, niscaya akan merasa kecewa. Ini karena sebagus dan serapi apa pun dandanannya, bayangan yang terpantul dari cermin akan tampak buruk dan kusam.Sebenarnya masih banyak lagi sebab2 yang dapat merusak dan mencabik2 hati manusia selain hal yang tiga itu,,ada yang namanya takabur(merasa dirinya paling mampu dari orang lain) atau ujub atau sombong yang kesannya kagum akan diri sendiri,dimana ujub itu terjadi karena,merasa dirinyalah yang paling hebat dan perkasa seperti si Firaun karena sombongnya dia binasa.
Riya,dengki dan iri serta lebih memilih dunia juga termasuk dalam penyakit hati,yang dengan cara mendekatkan diri kepada Allah penyakit itu akan sembuh,dan berusaha dan berjanjilah untuk senantiasa dekat kepada Allah dan minta perlindungan dari Allah agar terhindar dari segala jenis penyakit hati,baik yang kronis maupun yang tidak kronis.
Sebab kalau hati sedikit saja sudah rusak,kalau tidak cepat di sembuhkan akan semakin parah,rusaknya dan akan menjadikan hati itu mati.Apa yang paling membimbangkan kita ialah apabila hati mati, kerana inilah kemusnahan yang amat besar terhadap manusia. Matinya hati adalah bencana dan malapetaka besar yang bakal menghitamkan seluruh kehidupan di dunia dan akhirat. Inilah ujian apabila kita lalai dan hendaklah kita coba mengobati dan membersihkan hati kita. Kegagalan kita menghidupkan hati akan dipertanggung jawabkan oleh Allah Subhanahu Wataala di akhirat kelak.
Untuk mencegah terjadinya semua itu,mulailah kita sama2 untuk menata dan mengobati hati yang sakit sedini mungkin, dengan cara zikurrullah dan senantiasa dekat dengan Allah,dalam keadaan berdiri atau duduk,maupun berbaring, diwaktu pagi dan sore.Seperti yang ada dalam surat al imran ayat 191”yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”
Hati yang sehat dalam pandangan Allah Azza wa Jalla tiada lain adalah hati yang selamat (qalbun salim). Ia tidak ubahnya laksana cermin yang bening dan bersih, sehingga bayangan yang terpantul darinya akan persis sebagaimana benda yang ditaruh di mukanya. Tampak jelas, apa adanya, dan indah. Siapa saja yang bercermin di depannya, niscaya akan merasakan kepuasan karena tidak merasa "didustai" oleh sang cermin.
Semoga Allah memberikan kita semua qalbun salim,dan terhindar dari qalbun maridh (hati yang sakit).Wallahualam,segala yang benar datang dari Allah dan yang salah dari penulis.
>>Iri Hati,Iri hati adalah suatu sifat yang tidak senang akan rizki / rejeki dan nikmat yang didapat oleh orang lain dan cenderung berusaha untuk menyainginya. Iri hati yang diperbolehkan dalam ajaran islam adalah iri dalam hal berbuat kebajikan, seperti iri untuk menjadi pintar agar dapat menyebarkan ilmunya di kemudian hari

Bahan rujukkan:Al_Qulub Al Maridhat>>> sayikh Aidh Bin Abdullah Al_Qarni
Terjemahan Alquran.
ari. Atau iri untuk membelanjakan harta di jalan kebenaran.


Tips ampuh mengobati penyakit hati:

Yang paling mendasar dari semua aktifitas dalam kehidupan kita adalah ibadah kepada Allah SWT. Jadi semua problem yang kita alami kita kembalikan pada hakikatnya kepada mengingat Allah(dzikir).

Berikut adalah landasan yang bisa memotifasi teman-teman untuk mengobati hatinyaz yang mungkin sakit,,,

"Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu" (QS. al-Baqarah : 45)

Penyakit hati ini harus dibersihkan dengan dzikrullah, sesuai dengan hadits Rasulullah Saw.:

"Sesungguhnya untuk segala perkara itu ada obat pencucinya, sedangkan pencuci hati itu adalah dzikir (ingat hati) kepada Allah".

Insyaallah sembuh… amin ^_^

Naaaahhhh….

metzZZzz…mencoba!!!!

Tidak ada komentar: